Thursday, July 4, 2013

Jalan menuju kedewasaan part II

hey~ I'm back setelah 2 minggu di pending post ini. Biasalah sibuk :p

So let's get started. Sesuai petunjuk di post sebelumnya, gw akan lanjutkan pendapat gw mengenai apa itu kedewasaan.

Menurut gw yang membedakan orang yang dewasa dan yang gk dewasa adalah: Jejeng!

"tanggung jawab"


biasa banget yak? hahaha

Setiap orang pasti akan memegang tanggung jawab dalam hidupnya. Dari kecil gw sudah mendapat tanggung jawab untuk beli barang di warung.

Tapi bukan tanggung jawab ky gitu yang gw maksud. Tanggung jawab yang gw maksud adalah tanggung jawab atas diri sendiri secara penuh.

Sebagai seorang manusia, ada banyak aspek yang membentuk diri kita. Misalnya kesehatan, emosi, keputusan, keuangan, pendidikan, skill, jodoh, dll.

Dewasa artinya menyadari banget tiap aspek itu merupakan tanggung jawab pribadi yang harus diusahakan, bukan mengalir aja.

contoh:
1. banyak orang mau sehat tapi sedikit yang mengusahakan pola hidup sehat. Makan gak teratur, tidur telat, gak mau makan sayur dan buah.

2. Kalo pagi-pagi orang rumah udah ngoceh maka seharian bakal bete. Kalo pacar lupa nelpon otomatis bakal bete. Kalo pagi-pagi mo berangkat kerja ujan jd bete. Kalo lagi di jalan ada yang nyenggol bakal bete. Emosi dikendalikan oleh hal-hal dari luar diri.

3. Mau kaya tapi gk mau belajar cara jadi kaya. Diajak ikut seminar tentang uang ato cara nabung gk mau. Ngerasa udah ahli. Pokoknya kerja trus usahain gaji gk abis tiap bulan maka bisa mendadak jadi kaya. Ato merasa cara jadi kaya adalah dengan naik jabatan tertinggi dan gaji naik otomatis jadi kaya.

4. Jodoh: yang penting dapet orang baik. Gak usah muluk-muluk. gak usah cari yang sempurna.


Seseorang bisa aja dari lahir sampe mati cuma ngikut arus. Smua hal bergerak adalah bentuk dari respon dari luar. Apa yang membentuk kita saat ini adalah hasil dari lingkungan selama kita bertumbuh. Kita seakan membentuk diri kita hingga jadi seperti sekarang, tapi klo gw sendiri sering berpikir kalo misalnya dulu gw gak pindah ke jakarta, kalo gw gak aktif di gereja, kalo gw gak sekolah di Notre Dame, kalo temen-temen gw bukan yang sekarang. Mungkin gw gak akan nulis blog ini. Mungkin sekarang gw sedang di kantor ngetik laporan keuangan. Mungkin saat ini jg gw sedang merencanakan merid. Mungkin saat ini gw punya tabungan lumayan banyak, bukan cicilan yang banyak.

Tapi orang yang udah dewasa berbeda. Lingkungan emang akan berpengaruh banyak terhadap diri kita, tapi orang yang dewasa bertanggung jawab memilih lingkungan yang baik di mana dia mau tumbuh. Orang yang dewasa mengetahui tujuan hidupnya dan memilih semua hal dari luar yang dapat mendukung dan mendorongnya maju ke arah itu.

Orang yang dewasa akan mengusahakan sesuatu, tidak sebatas mengharapkan sesuatu.

Orang yang dewasa mengetahui dirinya. Mengambil peran penuh atas dirinya.

Orang yang dewasa adalah orang yang ANEH.

Saat orang lain dengan santai mengikuti arus air, orang dewasa akan berenang melawan arus dan setiap orang yang ngeliat dia bakal ketawain dan ngeledek usahanya.

Gw kenal banyak orang yang mengambil tanggung jawab atas dirinya. Tapi sayangnya gak semua bagian dari dirinya. Ada yang mengambil tanggung jawab atas tujuan hidupnya, tapi kurang perhatiin jadwal pribadinya, kesehatannya, relasinya, imannya.

Ada yang terlalu memperhatikan perkembangan imannya sampe melupakan aspek lainnya.

orang yang dewasa menurut gw adalah orang yang tau kalo gak ada 1 hal pun yang bisa dilepaskan. smua aspek harus diperhatikan dan dikembangkan dengan sadar.

aneh kan? aneh sekali. ribet. ngapain. mending ngikut arus aja kita hahaha~


No comments:

Post a Comment