Wednesday, May 1, 2013

Arti Pelayanan


Gw sudah memulai pelayanan di gereja sejak kelas 6 SD. Lupa deh itu umur berapa.

Pelayanan pertama gw adalah sebagai seorang putra altar. Gw melayani di misdinar kurang lebih 10 tahun, baik secara aktif maupun sebagai pendamping / mentor.

Gw juga aktif bergabung di paduan suara gereja sejak kelas 2 SMA hingga saat ini, baik sebagai anggota dan juga sebentar sebagai pengurus tunggal.

Pada saat yang bersamaan dengan bergabung paduan suara, gw juga saat itu membantu dalam pelayanan di Pembaharuan Karismatik Katolik.

Dan saat ini juga menjabat sebagai ketua OMK wilayah, yang saat ini sedang "kurang" aktif.

Kenapa gw melayani begitu banyak tempat?

Baru-baru ini teman gw nyeletuk, "rajin banget ke gereja. merasa banyak dosa ya?"
Selain itu juga, gw sering kali menemui orang yang menganggap pelayanan dapat menambah "harta di surga", ato setidaknya membuat balance kitab riwayat hidup untuk pengadilan terakhir.

Terlepas dari semua pendapat orang, apa sebenarnya alasan seorang Rio melayani begitu banyak bidang?

Dulu gw akan bilang itu adalah hobi. Sebagai seorang anak yang imut, gw gk punya banyak hobi. Pelayanan menjadi hobi utama gw untuk mengisi waktu, sampai sempat gak ada waktu lagi karena mengambil tanggung jawab yang terlalu banyak. 

Gw sangat suka menghabiskan waktu di gereja, yang artinya gak perlu di rumah. Dan alasan lain adalah, dalam dunia pelayanan gw diterima sangat baik. Dunia pelayanan gak memandang apakah u dari keluarga miskin atau pun kaya, jelek ataupun ganteng (jelas gw gk ada masalah untuk yang satu ini).

Gw diterima sangat baik di gereja, bahkan gw memiliki reputasi yang baik di gereja.

well...masa-masa indah. Masa-masa bersembunyi di balik label "pelayan Tuhan"

Untuk saat ini, pelayanan mempunyai arti sebagai wujud cinta dan terima kasih gw pada Tuhan yang telah bla bla bla
becanda. gk sebagus itu koq. hahaha

Buat gw pelayanan gw sudah berkembang dari hobi menjadi gaya hidup. Gw bahkan gak terlalu memikirkan Tuhan saat melakukan pelayanan. Mungkin karena dalam pelayanan, yang dihadapi adalah manusia, masalah duniawi, hanya kontennya yang rohani.

Gw gk tau gimana orang lain bisa merasa melayani Tuhan, dalam segala kesibukan melayani manusia yang terlihat.
Mungkin karena gw gk punya harapan akan upah dari yang gw lakukan. Bahkan gw percaya pelayanan gak akan bikin gw masuk surga. Romo pun bilang, dalam Katolik gak mengenal sistem pahala.

Singkatnya, gw melayani karena gw mau. 
Gw bertumbuh dalam pelayanan. Kalo dulu gw gak memulai pelayanan dengan ikut misdinar mungkin saat ini gw hanyalah geek biasa yang kerjanya maen komputer dan sibuk ngebacot di dunia online...........eh ini jg lagi ngebacot yak. hehehe~

Dengan pelayanan, gw keluar dari zona nyaman. Dari yang awalnya enak, gw juga bertumbuh dalam masalah-masalah, hubungan dengan teman, bentrok sana sini, dan bagaimana mengemban sebuah tanggung jawab.

Gw bertumbuh dewasa dalam dunia yang terlihat manis di luar, namun dapat sangat kejam di dalam.

Dan yang paling penting, pelayanan membuat gw semakin mengenal diri sendiri dan Tuhan.

Khususnya Tuhan. Gw dibimbing untuk semakin mencari tau lebih dalam tentang siapa yang gw layani. Lewat pengajaran, khotbah, buku, gw mencari lebih dalam karena hanya ikut misa seminggu sekali lu cuma akan jadi orang Katolik yang pergi ke eyang subur.

Rasa haus itu tumbuh karena gw menghabiskan waktu di dunia itu, dan gw gak mau melayani tanpa mendalami.

Biarpun saat ini arti pelayanan buat gw jauh dari kesan suci, gak masalah buat gw. gw akan terus bertumbuh dan dibentuk (mungkin). Karena bagaimana pun, u gak akan bisa jadi koki dengan belajar di sekolah mesin.

Gereja merupakan tempat gw untuk belajar menjadi orang yang lebih baik dan lebih benar. Bila menunggu untuk jadi baik dulu baru melayani, mungkin u gak akan pernah melayani sama sekali seumur hidup.

Yang lebih penting lagi adalah apa yang telah gw pelajari dari pelayanan, sangat berguna di dunia nyata. Dan gw sangat bersyukur untuk itu

2 comments:

  1. salut dik... hebat, begitulah seharusnya anak remaja dan pemuda gereja bersikap dan bertindak... jika sudah terbiasa melayani Tuhan, akan terbiasa pula melayani sesama di manapun berada... dan dilandasi dengan hati yang murni...
    selamat melayani...

    ReplyDelete