Friday, May 10, 2013

Dosa

Seperti biasa, inspirasi ide gw selalu muncul secara tiba-tiba. Lagi beraktifitas dan tiba-tiba ada satu kata entah darimana dan gw akan masuk dalam pemikiran sendiri.

dan kata yang muncul hari ini adalah "dosa"

bicara soal dosa agaknya cukup berat. sedikit salah tulis dan gw bisa diadili massa. biarpun Tuhan yang boleh mengadili dosa tapi tampaknya banyak manusia yang dengan senang hati membantu Tuhan untuk tugas yang satu ini, yaitu menentukan dosa seseorang dan memberi hukuman.........gw juga dulu suka tugas ini hehehe...


anyway, whatever people will talk, let's start this post

dosa....gw dulu berpikir dosa adalah bila manusia melanggar hukum yang telah diberikan oleh Tuhan.
Untuk itu gw pernah membaca suatu cerita

ada seorang misionaris yang mengunjungi sebuah pulau kecil yang penduduknya belom pernah mengenal agama sebelumnya. misionaris itu lalu memberitakan agama di sana, termasuk dosa.
lalu seorang penduduk lokal itu bertanya, "kalau sebelumnya kita gak tau apakah sesuatu itu dosa atau tidak dan kita melanggarnya, kita gak dianggap berdosa?"
misionaris itu menjawab "betul sekali"
dan penduduk itu bertanya lagi "lalu mengapa anda memberitahukan pada kami???!!!"

kesimpulannya? ah tarik sendiri aja XD

dosa memisahkan Tuhan dan manusia. kalo kita berbuat dosa dan kita mati, kita akan diadili. klo dosanya gk terlalu parah atau berat, kita dimasukkan ke api penyucian.

setiap gw tanya sama orang "kalo besok kiamat apa yang akan lu lakukan sekarang?" kebanyakan akan menjawab "ngaku dosa dulu"
kenyataannya kita gk tau apakah besok kita akan 'kiamat', jadi sebaiknya ngaku dosa setiap hari untuk berjaga-jaga. Tapi nyatanya pengakuan dosa cuma ramai setahun 2x

ada juga yang menganggap perhitungan dosa seperti sebuah neraca, ada debet dan kredit. kalo dosa kita banyak, neraca akan berat ke arah kredit dan artinya kita masuk neraka. jadi banyak orang yang mau ikut pelayanan dengan alasan untuk menyeimbangkan neraca itu sehingga setidaknya agak balance jadi masuknya  api penyucian.

lalu apa sebenernya dosa?
dlm alkitab kita akan bisa menemukan banyak ayat yang membahas tentang dosa. Katolik sendiri memberi kategori tentang dosa, yaitu ada dosa besar dan gak besar (oke ngaco)

dosa besar dlm Katolik diartikan adalah dosa yang kalo dilanggar katanya kalo kita mati saat kita sedang berdosa besar maka sudah pasti masuk neraka. wih ngeri ya

trus apa itu dosa besar? sebut aja yang parah-parah: membunuh, berzinah,,,,,apalagi ya yang parah......oh iya ada satu yang kedengeran sepele tp gw pernah baca kalo itu dikategorikan dosa besar, yaitu eng ing eng: gak ikut misa padahal bisa. dan kalo kita udah tau kita berdosa besar dan kita tetep menyambut komuni sebelum mengaku dosa ke imam, nambah lagi dosa besar. upss.....jadi yang udah tau, kalo bolos misa harus siap-siap ngaku dosa XD kalo gk tau sebenernya gpp katanya nyahahaha

ribet ya klo ngomongin dosa. tiap orang merasa paling tau apa itu dosa.
gw beberapa kali ribut sama temen gw yang ngekeh kalo saat gw jatohin puji syukur, gw berdosa. ato saat gw pake alkitab untuk penyangga kepala saat gw tiduran di lantai, gw dibilang berdosa. mungkin karena itu banyak yang menyiapkan tempat khusus untuk alkitab supaya selalu rapi dan bebas dari sentuhan tangan XD

btw di handphone gw jg ada alkitab. hati-hati handphone gw suci lalala~

jadi apa itu dosa sebenarnya? seperti yang gw bilang, tiap orang punya pemahaman sendiri-sendiri soal dosa, begitu pula gw. tapiiiii..............gw gak akan share di sini XD
 bye~

*kabur*

No comments:

Post a Comment