Tuesday, May 28, 2013

Judul.....

Apakah lu percaya kalo manusia diciptakan sempurna? Serupa gambar dan citra Allah?

Apakah lu percaya kalo LU diciptakan sempurna, serupa dan secitra dengan Allah?



Sepanjang sejarah manusia, kita tau ada banyak orang-orang super yang punya prestasi di atas manusia kebanyakan. Sebut aja albert einstein yang jenius atau Bill Gates yang super tajir dan masih idup sampe sekarang.

Masih banyak contoh manusia kayak gitu tapi intinya adalah, kita bisa lihat contoh sempurna dari pernyataan alkitab bahwa Tuhan menciptakan manusia itu serupa dengan Allah. Liat aja mereka luar biasa. Seakan mereka punya potensi yang gak terbatas.

Sekarang coba bercermin......eaa~
Makhluk apaan tuh yang ada di cermin? Lulus sekolah pas-pasan, lulus kuliah mati-matian, gaji pas-pasan, nyari pacar susah. Apanya yang serupa dan secitra dgn Allah?
(kalo yang baca ini Bill Gates, coba lihat anak-anak jalanan di pinggiran XD)




Sebagai anak baik yang bertumbuh di lingkungan gereja dan tumbuh dlm iman dalam dunia Karismatik, gw sering berhadapan dengan orang beriman yang selalu mengajarkan untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Banyak ayat alkitab yang mendukung pernyataan itu dan gw percaya hal itu ya dan amin.

Tapi apa itu mengandalkan Tuhan? Apa itu mengandalkan kekuatan sendiri? (Permasalahan umat beriman dan ajarannya menurut gw adalah ajaran-ajaran itu kebanyakan terlalu puitis sehingga sulit untuk dimengerti dan diterapkan)

Dan saat ini coba gw lanjutkan pernyataan itu
"jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Andalkanlah Tuhan dalam segala hal dalam hidupmu. Lu tuh gak bisa apa-apa. Lu tuh gak berdaya menghadapi gelombang kehidupan. Biarkan Tuhan yang mengatur hidup lu. Jangan berusaha dengan kemampuan lu yang gk guna itu. Cuma orang yang gak mengenal Tuhan yang bisa berhasil. Cuma orang yang gak mengenal Tuhan yang bisa menggunakan kekuatan sendiri. Cuma orang yang gak mengenal Tuhan yang bisa kaya dengan perjuangan dan kekuatannya sendiri. Lu bukan kebetulan kenal Tuhan karena lu diciptakan tanpa kemampuan jadi lu harus hidup bergantung pada Tuhan"

Mana yang anda percaya? Lu gak bisa apa-apa tanpa kekuatan dari Tuhan ato lu diciptakan serupa dengan Tuhan?



Gw punya masa lalu yang kelam. Sejak kecil gw bertumbuh tanpa ekspektasi yang besar dari orang disekitar gw. Gw tumbuh dengan kepercayaan bahwa gw gak punya bakat yang luar biasa. Gak ada orang yang bilang kalo gw akan jadi orang hebat. Yang penting selamat dah sampe maut menjemput.
Akibatnya gw menjadi seorang anak yang super pasif. Gak berniat untuk menonjol. Gak berniat untuk berusaha. Semua menjadi setengah-setengah. Bahkan di kampus gw punya motto "seadanya aja"

Tapi sekarang gw percaya kalo gw luar biasa. Gw punya potensi tak terbatas. Hanya saja gw blm memaksimalkan karena gw mulainya telat karena gw sadarnya telat ;p

Kenapa gw bisa sampe ke pemahaman ini? Karena sejak gw mengalami Tuhan pertama kali di kelas X, tanpa sadar gw keluar dari zona nyaman gw. Gw ikut dalam 3 kegiatan gereja sekaligus, bahkan salah satunya gw menjadi ketua.

Dari Ryo kecil imut yang pasif menjadi Ryo ganteng yang aktif dan BANYAK MASALAH!!! Sampe gw merasa kepribadian gw berubah karena hantaman masalah kian henti. Tapi yang gw sadari sekarang adalah sebesar apa pun masalah yang gw hadapi, gw bisa melewatinya. Bahkan sekarang kalo gw menghadapi masalah besar gw berkata dalam hati "ah ntar juga beres" jadi gw jarang panik sekarang.

sebagai contoh waktu itu ban motor gw bocor di malam minggu. Dalam hati gw bertanya emang ada malem minggu bengkel yang buka? Tapi gw gak panik karena gw berpikir "ah ntar jg nyampe rumah. Sejelek-jeleknya gw dorong motor ampe rumah"

Pada awalnya gw yakin kalo gw bisa melewati semua masalah itu karena campur tangan Tuhan di hidup gw. Emang bener karena tak terhitung hal-hal ajaib yang terjadi sehingga gw bisa survive, tapi sekaligus masalah itu mengajarkan pada gw kalo gw punya kemampuan tak terbatas yang sebelumnya gak gw sadari.

Keyakinan kalo gw gak bisa apa-apa menghambat potensi yang diberikan Tuhan sehingga Tuhan perlu merubah mindset gw, yaitu dengan masalah-masalah yang gw hadapi. Dia membentuk kembali iman gw yang salah supaya gw bisa memaksimalkan diri gw yang diciptakan sempurna, serupa gambar dan citra Allah.

Kuncinya adalah keluar dari zona nyaman. Ambil tanggung jawab yang kelihatan mustahil lu kerjakan dan berdoa supaya kuat menghadapi segala tantangan yang datang. Seperti di post gw yang sebelumnya, gw tulis kalo kita jangan selamanya bergantung pada Tuhan karena seperti bayi yang pada awalnya diurusin semuanya oleh orang tuanya, pada saat kita dewasa secara iman kita gak akan lagi meminta-minta dan merepotkan Tuhan dalam hal-hal kecil, melainkan kita yang membuat Tuhan bangga karena anak yang berbakti adalah anak yang bisa membuat orang tuanya bangga.


Tuhan itu luar biasa, salah satu bentuknya adalah dia menciptakan karya yang luar biasa yaitu gw dan lu. Kita adalah masterpiece Tuhan, jadi adalah suatu dosa kalo kita merendahkan diri dan merasa gak berguna dan gak bisa apa-apa.

Gw luar biasa. Gw hebat. Gw berpotensi menajadi orang hebat. Kalo gak setuju silakan berdebat sama pencipta gw XD

Sebagai penutup gw, gw punya sebuah perbandingan.

Untuk bisa melihat sebuah bunga kecil dan bisa melihat karya Tuhan yang luar biasa dari bunga itu butuh seorang yang sudah mengalami penerangan budi yang bisa. Tapi coba lihat foto-foto luar angkasa dari Nasa. Bayangkan semua bintang, galaxy, blackhole, planet dan semua misteri luar angkasa yang luar biasa itu maka kita bisa melihat dan yakin kalo Tuhan luar biasa.
Selama kita selalu menjadi orang yang "kecil", akan sulit menunjukkan kalo kita punya Tuhan yang luar biasa.  Tapi bayangkan kita menjadi orang yang hebat dan terkenal sampe ke seluruh dunia, dan saat sebuah majalah mewawancarai kita apa rahasia kesuksesan kita dan kita bilang kalo rahasia kesuksesan kita adalah Tuhan, bayangkan betapa kita telah membuat pencipta kita bangga dan dipermuliakan.

No comments:

Post a Comment