Friday, May 31, 2013

jadi kaya itu mudah

Hari Rabu kemarin, gw akhirnya membuka account reksa dana gw setelah bertahun-tahun pengen buka, kemarin baru kesampean.

Apa itu reksa dana? Gw rasa gw gak memiliki kapasitas yang layak untuk menjelaskan karena gw sendiri gak tau pasti apa tepatnya reksa dana. Yang pasti ada hubungannya dengan judul post ini: "jadi kaya itu mudah"

Jadi kaya mungkin adalah impian semua orang yang gw kenal (kecuali biarawan). Kebanyakan orang berpikir cara untuk jadi kaya hanya 1 yaitu kerja trus buka usaha sendiri karena gaji aja gak akan berkembang. Tapi untuk orang yang memiliki pengetahuan ekonomi lebih, cara lain untuk jadi kaya adalah dengan investasi. Salah satu bentuk investasi yang gw yakini merupakan cara curang untuk financial freedom adalah reksa dana.

Singkatnya adalah reksa dana yang gw masuki adalah reksa dana manulife dmn reksa dana ini punya bunga pertahun bervariasi tapi kebanyakan di atas 20% tanpa biaya-biaya rahasia. Anggepan kayak nabung tanpa potongan-potongan gak jelas seperti di bank yang bikin kita bingung kemana nih duit gue??!!!

Gw mengumpamakan investasi begini:
Gw pasti akan tetap kerja untuk dapet duit. Nah sebagian duit yang gw hasilkan akan gw sisihkan, bukan untuk ditabung melainkan untuk 'diternakkan'. Kenapa diternakkan? Karena duit yang diinvest akan perlahan-lahan bukan bertambah melainkan melipat ganda tanpa perlu kita urusin. Cukup kasih makan aja terus sedikit-sedikit.

Untuk gampangnya gw kasih ilustrasi perhitungan:
ilustrasi yang gw pake menggunakan bunga 27% sesuai portofolio produk yang gw ambil tahun lalu dan ibaratkan kita menabung 1jt sebulan.

di tahun pertama kita punya 12jt dengan bunga 3.240.000 (12jt x 27%)
maka di tahun kedua akan menjadi
12jt(tabungan di tahun pertama) + 12jt (tabungan di tahun kedua) + 3240000(bunga di tahun pertama) + 7354800 ((12jt+12jt+3240000) x 27%) = 33694800

tahun ketiga
33694800 + 12000000 + 12337956 = 58032756

selanjutnya itung sendiri, yang pasti gw sudah pernah hitung di tahun ke sepuluh bunga yang diterima pertahun adalah 120jt alias setahun tanpa perlu ngapa-ngapain kita dapet 10jt.
10 tahun kelamaan? tingkatkan jumlah investasi perbulan jadi 2jt ato lebih maka dlm 5 tahun gak usah kerja sudah bisa ganti HP tiap bulan XD

Intinya adalah pekerjaan apa pun, dengan gaji berapa pun, kita bisa kaya asal tau jalannya. Salah satunya adalah investasi reksa dana (dalam kasus gw adalah gw masuk manulife karena nyokap gw di manulife, tapi jgn salah, gw gk dapet untung apa pun dengan mempromosikan ini)

Memang cara ini gak instant, tapi cara ini PASTI (gw bold kata pasti karena gw orangnya gk tenang akan ketidak pastian). Kalo mau instant tinggal masukin aja berapa ratus juta di awal kalo lu emang dari keluarga tajir. Berhubung gw bukan dari keluarga tajir jadi untuk jadi tajir harus pelan - pelan.


Trus apa gunanya kalo gitu? Kemungkinan malah bisa bikin males kerja kan? Kerja seadanya yang penting investasi trus ntar kaya sendiri.
Buat gw hal ini menjadi peluang untuk bekerja apa yang gw suka. Gw gak perlu lagi bekerja hanya demi gaji tinggi tapi malah bikin stress karena gk sesuai passion. Dan jangan salah jg, gw kerja yang gw suka dan gw mau menjadi yang terbaik yang gw bisa dari hal itu karena kalo lu misalnya suka gambar, masa lu gak mau jadi jago gambar juga kan?

Dengan bekerja sesuai minat, kita bisa bekerja lebih semangat.
Dengan bekerja sesuai minat, kita bisa lebih bersemangat untuk berkembang.
Dengan perkembangan diri, otomatis uang yang masuk akan lebih besar, bahkan seperti investasi uang, investasi skill juga menghasilkan hal yang berlipat ganda. Orang akan membayar lebih untuk hal yang hebat.

Dan gw percaya pelayanan terbesar adalah melayani dengan talenta yang dikembangkan dengan sepenuh hati.

So, hidup itu mudah kan?

No comments:

Post a Comment