Sunday, June 2, 2013

It's all about the money money money~

Gw punya pengakuan. Gw merasa gw agak aneh.
Anehnha kenapa? Karena, gk seperti kebanyakan orang, gw gk suka sama duit.

Tapi bukan berarti gw gk butuh duit. Gw masih butuh banyak duit untuk melengkapi peralatan kamera. Gw masih butuh duit untuk beli handphone baru. Gw masih butuh duit untuk bertahan hidup.

Tapi duit gak pernah bisa jadi motivasi gw untuk berjuang.
Karakter ini terbentuk mungkin karena gw tumbuh dalam keluarga yang "berkecukupan" artinya cukup aja untuk hidup. Jadi gw tumbuh sebagai anak yang jauh dari keinginan hedon. Sampe sekarang aja buat gw makan di atas 30rb itu mahal dan gw akan merasa bersalah kalo ke mall makan yg di atas 30rb (sekarang udah lumayan. Bisa makan yang 40rban tanpa rasa bersalah XD)

Saat pertama gw kerja, gw punya gaji yang kecil dan gw merasa menderita, tapi saat gw gak kerja dan gw gak ada pemasukan, gw berasa bebas.

Sudah cukup aneh?

1 contoh lagi, kalo misalnya saat ini gw dapat 1 milyar, gw akan gk tau mau dipake buat apa. Gw akan berusaha mikir keras harus diapain duit itu dan gw akan pake untuk yang penting dulu: beli perlengkapan kamera untuk kerja, ganti handphone yang mulai sering mogok, dan..........apa lagi ya....hmm......

Ah, investasi aja mayan tuh gak usah kerja lagi seumur hidup hahaha

Kalo anda yg dapet 1 milyar pasti anda dgn mudah menikmati sampe habis, malah mungkin kurang.

Jalan-jalan ke luar negeri? Ah....merepotkan. malas.
Baju? Fashion? Gaya? Ah masih ada baju di lemari.
Makan yang enak-enak? Makan warteg juga enak koq.

Intinya, uang gak bisa jadi motivasi gw

Once upon a time, gw pernah berpikir serius untuk jadi pelayan full time. Alasannya gak suci, karena gw gak tertarik nyari duit, jadi mending pelayanan ajalah. Tapi karena 1 dan lain hal, gw gk melanjutkan jalur tersebut.

Dan suatu hari gw membaca bahwa tujuan hidup dari manusia adalah untuk mengetahu talenta yang telah Tuhan tanamkan pada kita saat kita dibentuk dan mengembangkannya karena setiap orang diciptakan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Dimulailah perjalanan gw untuk mengidentifikasi apa yang menjadi talenta gw. Dan gw mencoba menetapkan tujuan yang tinggi untuk tiap bidang.

Untuk awalnya berjalan sangat baik. Gw merasa punya semangat dan harapan untuk hidup. Namun seiring berjalannya waktu, gak banyak hasil yang gw dapat sehingga gw mempertanyakan "bener gak sih ini bakat gw? Bener gk sih ini talenta gw?" (Tapi bukan ini tujuan tulisan gw)

Cukup sekian........kata pengantarnya #ea~
Yang mau gw ceritakan adalah, blm lama ini gw kehilangan tujuan hidup. Dan percaya gak percaya, gw merasa gk ada gunanya lagi hidup. Gak seru. Gak ada yang mau dicapai. Kalo gw membayangkan jadi apa 10 tahun lagi, gw hanya melihat layar hitam. Gk terlihat apa-apa.
Dan saat gw mulai bermimpi lagi, gw merasakan tenaga yang gak terbatas, seakan gw bisa melakukan apa pun. Harapan itu kembali dan gw merasa adanya gairah hidup kembali.

Seperti yang gw bilang di awal, gw aneh karena gak suka duit. Karena itu satu-satunya bensin gw adalah sebuah tujuan. Bukan sembarang tujuan. Tujuan yang jg merupakan passion gw. Gw pernah mencoba menetapkan tujuan yang sebenarnya gak gw inginkan, tapi akibatnya adalah tak ada motivasi untuk mengejarnya.

Gw sering melihat orang yang gak punya tujuan hidup. Orang yang gak talentanya. Orang yang "ngikut arus aja"
Orang kayak gitu biasanya kelihatan saat  mau menentukan jurusan kuliah. Bingung mau ambil apa dan akhirnya ambil yang umum aja: mene, akun, bisnis, dll yang menawarkan jaminan gaji yang aman dan cukup besar. Tapi selama kuliah isinya keluhan dan merasa salah jurusan.
Atau orang yang terdampar di jurusan ipa yang merasa harus kuliah sesuai jurusan itu tapi akhirnya ngeluh di twitter setiap hari

Tapi, gk seperti gw yang aneh, kebanyakan gw melihat orang gak butuh passion dari talenta untuk motivasi

Motivasi cukup datang dari uang. Untuk kaya. Untuk beli rumah. Mobil. Jalan-jalan ke luar negeri. Shopping. Membangun keluarga.

Oh bahagianya kalo hidup gw bisa sesimpel itu. Jadi kaya mudah koq.

Tapi kadang gw bertanya apakah benar uang cukup untuk menjadi motivasi mereka?

Gw sungguh pengen banyak ngobrol sama orang-orang kayak gitu. Untuk mengerti apa yang sebenarnya mereka rasakan dengan hidup sesuai rutinitas normal

Pagi ke kantor sore pulang. Weekend buang" duit. Setaon sekali jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Trus nyicil untuk merid.
Apakah mereka benar-benar puas akan hidup seperti itu? Karena buat gw itu gk berasa hidup.

Semoga gw punya kesempatan untuk mengetahuinya :3

No comments:

Post a Comment