Sunday, June 23, 2013

Jalan menuju kedewasaan Part I

ada ungkapan "jadi tua itu pasti, jadi dewasa itu pilihan"

Gw yakin semua setuju dengan pernyataan itu. Tapi gimana kalo dilanjutkan dengan pertanyaan "apa itu kedewasaan?"

entahlah apakah ada orang yang benar-benar bertujuan untuk menjadi dewasa dan mengusahakannya, yang pasti untuk memilih jadi dewasa, pertama-tama harus tau dulu apa itu kedewasaan karena apa yang mau dipilih kalo yg dipilih aja gak tau. Sama kayak mau milih pasangan hidup tapi kita gk tau sebenarnya apa yang kita cari.

Terlepas dari definisi kedewasaan, gw mencoba berlogika dengan ungkapan "jadi tua itu pasti, jadi dewasa itu pilihan"

(kalian akan melihat gimana cara kerja otak gw hohoho)

jadi tua sudah jelas berarti fisik semakin berubah, dari kecil menjadi besar dan perlahan-lahan sel yang terbentuk lebih sedikit daripada sel yang mati.

sedangkan kalau menjadi dewasa itu pilihan, artinya manusia dari lahir sampai mati gak pasti akan menjadi dewasa. Sebuah pilihan artinya faktor dari luar diri gak bisa mempengaruhi seseorang.

Bagian menjadi tua adalah sekolah, kuliah, kerja, menikah, mati. Manusia gak punya banyak pilihan untuk hal ini. Masyarakat memaksa siklus ini untuk semua orang, walaupun ada beberapa orang yang memilih untuk tidak mengikuti tuntutan ini, misalnya tidak sekolah namun langsung bekerja, atau saat kuliah langsung menikah. Namun manusia normal yang hidup biasa-biasa saja akan merasakan dorongan dan tekanan untuk melewati tahapan ini tanpa mengetahui tujuannya. Yang penting jalani aja kayak gitu. 

Pilihan artinya bisa diambil, bisa juga tidak. Dalam hidup kita banyak dihadapkan pada pilihan. Bahkan saat kita tidak memilih pun sudah menjadi pilihan kita untuk tidak memilih. Dan karena orang bisa lahir sampai mati tidak memilih menjadi dewasa, artinya menjadi dewasa bukan sesuatu hal yang harus dipilih. Bukan suatu hal yang sangat mendesak sehingga semua orang terpaksa menjadi dewasa.

Bila hal itu bukan menjadi kebutuhan dan keharusan, gw menyimpulkan bahwa gak banyak orang yang dengan sadar memilih jalur untuk menjadi dewasa. Karena itu gw berpendapat bahwa banyak orang 'berumur' yang kita kenal dan temui bukanlah orang yang dewasa.

Dan tidak ada orang yang secara kebetulan menjadi dewasa.


Jadi berdasarkan ciri-ciri tersebut, apakah artinya kedewasaan? Well, akan gw lanjutkan di post selanjutnya soalnya gw harus ke gereja sekarang :p

Gw jg akan sangat senang mendengar komentar dan pendapat dari para pembaca sebelum gw menuliskan pendapat gw sendiri. Feel free to comment

No comments:

Post a Comment